Kira-kira sudah 40 hari sejak tanaman cabai keriting dengan jenis TM99 ini saya tanam, saya bisa mengenali beberapa jenis penyakit pada tanaman ini dengan jelas. Contohnya seperti yang terlihat pada foto ini. Ini adalah gejala-gejala terkena keriting daun atau penyakit penggorok daun. Ciri-ciri fisiknya: daun dari tunas sampai beberapa daun di bawahnya berubah warna agak kehijau tuaan, pertumbuhan tanaman ini pasti terganggu karena dibandingkan yang lainnya tampak lebih pendek, kemudian daunnya menggulung ke bawah sehingga daun terlihat kecil. Itu sebagian ciri-ciri yang saya perhatikan dari pengamatan mata saya.

Dari seluruh tanaman yang saya tanam saya amati kira-kira 5% terkena penyakit ini. Dan yang terkena rata-rata berada di daerah yang kurang sinar matahari, atau agak teduh. Berulang kali saya semprot dengan peptisida Curacron, memang sepertinya agak mendingan, dan penyebarannya penyakit ini terhambat. Namun saya lihat hasilnya kurang memuaskan, karena tanaman ini tidak bisa normal seperti semula, Tetap keriting tetapi juga ada yang berbuah, tetapi memang agak kerdil. Baru tadi pagi saya mencoba peptisida baru yang katanya bisa untuk keriting daun. Mau tau nama obat keriting ini? Tunggu artikel berikutnya.......

Comments

0 Response to 'Cabai Keritingku Kena Penyakit Keriting'

Post a Comment

Advertisement (468 x 60px )

Latest News